Pages

 

Sabtu, 07 Mei 2011

Tumor Hidung dan Sinus Paranasal

0 komentar
Tumor Hidung dan Sinus Paranasal sering ditemukan namun jarang yang ganas. Tumor jinak di kavum nasi dan sinus paranasal seringkali secara klinis bersifat destruktif ke jaringan sekitarnya, sehingga perlu penanganan seperti pada tumor ganas. Yang sering ditemukan adalah papiloma.

A. Manifestasi Klinis
Secara makroskopis mirip polip nasi, hanya lebih keras, padat, dan tidak mengikat. Ada 2 jenis, eksofitik dan endofitik (papiloma inversi). Yang terakhir bersifat sangat invasif dapat merusak tulang dan jaringan lunak di sekitarnya, diduga dapat berubah menjadi ganas.

Umumnya tumbuh pada dinding lateral hidung dan cenderung residif setempat.

B. Penatalaksanaan
Pembedahan luas. Jika ada yang tertinggal dapat residif. Radiasi dapat mengecilkan tumor tapi tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan potensi tumor menjadi ganas.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi yang tersedia di Blog -♫►Don't Say No Fate◄♫-(artikel kesehatan) dikumpulkan dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter anda!
Jika anda mengalami masalah serius, segera hubungi dokter!
Terima Kasih..

PERHATIAN :
Seluruh komentar yang ada merupakan tanggung jawab masing-masing komentator. Saya berhak untuk memberikan atau mempublikasikan identitas pribadi komentator yang bersangkutan apabila komentar tersebut terbukti merugikan pihak-pihak tertentu.
Komentar yang mengandung Sara, Pornografi dan Berbau Iklan akan saya hapus.