Pages

 

Rabu, 01 Desember 2010

Rekam Medis dan Informatika

0 komentar
Rekam Medis adalah Keterangan baik yang tertulis maupun yang terekam tentang identitas, anamnesa, pemeriksaan fisik, laboratorium, diagnosa serta segala pelayanan dan tindakan medis yang diberikan kepada pasien, dan pengobatan baik yang dirawat inap, rawat jalan maupun yang mendapatkan pelayanan gawat darurat.
Tujuan Rekam Medis "Menunjang tercapainya tertib administrasi dalam rangka upaya peningkatan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit"
Kegunaan Rekam Medis, yaitu :
  1. Aspek Administrasi, menyangkut tindakan berdasarkan wewenang dan tanggung jawab sebagai tenaga medis dan paramedis dalam mencapai tujuan pelayanan kesehatan.
  2. Aspek Medis, sebagai dasar untuk merencanakan pengobatan/ perawatan yang diberikan kepada pasien.
  3. Aspek Hukum, menyangkut masalah adanya jaminan kepastian hukum atas dasar keadilan.
  4. Aspek Keuangan, mengandung data/informasi yang dapat digunakan dalam aspek keuangan.
  5. Aspek Penelitian, menyangkut data dan informasi yang dapat digunakan sebagai aspek pendukung penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dibidang kesehatan.
  6. Aspek Pendidikan, menyangkut data / informasi tentang perkembangan kronologis dan kegiatan pelayanan medis.
  7. Aspek Dokumentasi, menyangkut sumber ingatan yang harus didokumentasikan dan dipakai sebagai bahan pertanggungjawaban dan laporan Rumah Sakit.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi yang tersedia di Blog -♫►Don't Say No Fate◄♫-(artikel kesehatan) dikumpulkan dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter anda!
Jika anda mengalami masalah serius, segera hubungi dokter!
Terima Kasih..

PERHATIAN :
Seluruh komentar yang ada merupakan tanggung jawab masing-masing komentator. Saya berhak untuk memberikan atau mempublikasikan identitas pribadi komentator yang bersangkutan apabila komentar tersebut terbukti merugikan pihak-pihak tertentu.
Komentar yang mengandung Sara, Pornografi dan Berbau Iklan akan saya hapus.