Pages

 

Jumat, 25 Maret 2011

Anatomi Organ Reproduksi Wanita : Vulva dan Vagina

0 komentar

Saat dilahirkan, seorang anak wanita telah memiliki alat reproduksi yang lengkap tetapi belum berfungsi sepenuhnya. Organ reproduksi akan berfungsi sepenuhnya saat seorang wanita telah memasuki masa pubertas.
Vulva
Vulva merupakan suatu daerah yang menyelubungi vagina. Vulva terdiri atas Mons pubis, labia (labia mayora dan labia minora), klitoris, daerah ujung luar vagina dan saluran kemih.
  • Mons pubis : gundukan jaringan lemak yang terdapat dibagian bawah perut, Daerah ini dapat dikenali dengan mudah karena tertutup oleh rambut pubis. Rambut ini akan tumbuh saat seorang gadis beranjak dewasa.
  • Labia : Lipatan berbentuk seperti bibir yang terletak di dasar mons pubis. Terdiri dari 2 bibir, yaitu labium mayora (bibir luar) merupakan bibir yang tebal dan besar dan labium miora (bibir dalam) merupakan bibir yang tipis yang menjaga jalan masuk ke vang menjaga jalan masuk ke vagina.
  • Klitoris : merupakan organ kecil yang terletak antara kedua labia minora dan dasar mons pubis. ukurannya seperti kacang polong, penuh dengan sel saraf sensorik dan pembuluh darah. organ mungil ini sangat sensitif dan berperan besar dalam fungsi seksual.
Vagina
Vagina merupakan saluran yang elastis, panjangnya sekitar 8 – 10 cm, dan berakhir pada rahim. Vagina dilalui oleh darah pada saat menstruasi dan merupakan jalan lahir. Karena terbentuk dari otot,  vagina bisa melebar dan menyempit. Kemampuan ini sangat hebat, terbukti pada saat melahirkan, vagina bisa melebar seukuran bayi yang melewatinya. Pada bagian ujung yeng terbuka, vagina ditutupi oleh sebuah selaput tipis, yang dikenal dengan istilah selaput dara. bentuknya bisa berbeda-beda antara tiap wanita. Selaput ini akan robek pada saat bersenggama, kecelakaan, masturbasi/onani yang terlalu dalam, olahraga dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi yang tersedia di Blog -♫►Don't Say No Fate◄♫-(artikel kesehatan) dikumpulkan dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter anda!
Jika anda mengalami masalah serius, segera hubungi dokter!
Terima Kasih..

PERHATIAN :
Seluruh komentar yang ada merupakan tanggung jawab masing-masing komentator. Saya berhak untuk memberikan atau mempublikasikan identitas pribadi komentator yang bersangkutan apabila komentar tersebut terbukti merugikan pihak-pihak tertentu.
Komentar yang mengandung Sara, Pornografi dan Berbau Iklan akan saya hapus.