Pages

 

Jumat, 06 Mei 2011

Sinusitis Subakut

0 komentar
A. Manifestasi Klinis
Sama dengan sinusitis akut, hanya tanda-tanda radang akutnya sudah reda.
Pada rinoskopi anterior tampak sekret purulen di meatus medius atau superior. Pada rinoskopi posterior tampak sekret purulen di nasofaring.

B. Pemeriksaan Penunjang
Pada pemeriksaan transiluminasi sinus yang sakit tampak suram atau gelap.

C. Penatalaksanaan
Mula-mula diberikan terapi medikamentosa berupa antibiotik yang berspektrum luas, atau yang sesuai dengan resistensi kuman, selama 10-14 hari. Juga obat-obat simtomatis berupa dekongestan lokal (obat tetes hidung) untuk memperlancar drainase, selama 5-­10 hari, karena bila terlalu lama dapat menyebabkan rinitis medikamentosa. Dapat pula diberikan analgesik, antihistamin,dan mukolitik.

Bila perlu dapat dilakukan diatermi. Diatermi dilakukan dengan sinar gelombang pendek sebanyak 5-6 kali pada daerah yang sakit untuk memperbaiki vaskularisasi sinus. Jika belum membaik, dilakukan pencucian sinus. Pada sinusitis maksila, dapat dilakukan tindakan pungsi, irigasi, atau antrostomi, yaitu lubang di meatus inferior yang menghubungkan hidung dengan sinus maksila. Pada sinusitis etmoid, frontal, dan sfenoid yang letak muaranya di bawah, dilakukan tindakan pencucian sinus cara Proetz, yang prinsipnya membuat tekanan negatif dalam rongga hidung dan sinus paranasal.

Tindakan intranasal lain yang mungkin perlu dilakukan agar drainase sekret lancar berdasarkan kelainan yang ada pada pasien adalah operasi koreksi septum, pengangkatan polip, dan konkotomi total atau parsial.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi yang tersedia di Blog -♫►Don't Say No Fate◄♫-(artikel kesehatan) dikumpulkan dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter anda!
Jika anda mengalami masalah serius, segera hubungi dokter!
Terima Kasih..

PERHATIAN :
Seluruh komentar yang ada merupakan tanggung jawab masing-masing komentator. Saya berhak untuk memberikan atau mempublikasikan identitas pribadi komentator yang bersangkutan apabila komentar tersebut terbukti merugikan pihak-pihak tertentu.
Komentar yang mengandung Sara, Pornografi dan Berbau Iklan akan saya hapus.