Pages

 

Minggu, 29 Mei 2011

Gangguan Neurosis Depresi

2 komentar
Neurosis depresi menyatakan pola berpikir dan perilaku yang maladaptif dan berulang yang menyebabkan depresi. Pasien seringkali penuh kecemasan, obsesi, dan rentan terhadap somatisasi. Dalam klasifikasi menurut Pedoman Penatalaksanaan Diagnosis Gangguan Jiwa (PPDGJ) III, gangguan ini masuk dalam kategori diagnostik gangguan distimia dalam gangguan suasana perasaan (mood/afektif) menetap.

A. Etiologi
Terdapat faktor biologis yaitu kelainan tidur dan kelainan neuroendokrin.

Dilaporkan adanya kesalahan perkembangan kepribadian dan ego, yang memuncak dalam kesulitan beradaptasi pada masa remaja dan dewasa muda.

B. Manifestasi Klinis
Gangguan ini ditandai dengan perasaan muram, murung, kesedihan, atau berkurangnya dan tidak adanya minat pada aktivitas. Pasien kadang-kadang dapat sarkastik, nihilistik, memikirkan hal yang sedih, membutuhkan, dan mengeluh. Mereka dapat juga tegang, kaku, dan menolak intervensi terapeutik.

Gejala penyerta adalah perubahan nafsu makan dan pola tidur, harga diri yang rendah, hilangnya energi, retardasi psikomotor, penurunan dorongan seksual, dan preokupasi obsesi dengan masalah kesehatan.
C. Perjalanan Penyakit dan Prognosis
Kira-kira 50 persen pasien mengalami timbulnya gejala yang samar-samar sebelum usia 25 tahun. Prognosis bervariasi.

D. Diagnosis
Kriteria diagnostik memerlukan adanya mood yang terdepresi pada sebagian besar waktu untuk sekurangnya dua tahun (atau satu tahun untuk anak-anak dan remaja), untuk memenuhi kriteria diagnostik, pasien tidak boleh memiliki gejala yang lebih baik dilaporkan sebagai gangguan depresi berat. Pasien tidak boleh memiliki episode manik atau hipomanik.

E. Penatalaksanaan
Kombinasi farmakoterapi dan terapi kognitif maupun perilaku mungkin merupakan pengobatan yang paling efektif untuk gangguan ini.

2 komentar:

Bank-Soal mengatakan...

dim feed q ilang ow?
ki wis tak follow dim. gambar wulu kaya blog q

-DiMaZT PrAboWo- mengatakan...

ho'o yog, ke delete pas ganti background... ne udh ak pasang lg kok..

Posting Komentar

Informasi yang tersedia di Blog -♫►Don't Say No Fate◄♫-(artikel kesehatan) dikumpulkan dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter anda!
Jika anda mengalami masalah serius, segera hubungi dokter!
Terima Kasih..

PERHATIAN :
Seluruh komentar yang ada merupakan tanggung jawab masing-masing komentator. Saya berhak untuk memberikan atau mempublikasikan identitas pribadi komentator yang bersangkutan apabila komentar tersebut terbukti merugikan pihak-pihak tertentu.
Komentar yang mengandung Sara, Pornografi dan Berbau Iklan akan saya hapus.