Pages

 

Selasa, 03 Mei 2011

Penyakit Meniere

0 komentar
Penyakit Meniere adalah suatu kelainan labirin yang etiologinya belum diketahui, dan mempunyai trias gejala yang khas, yaitu gangguan pendengaran, tinitus, dan serangan vertigo. Terutama terjadi pada wanita dewasa.

A. Etiologi
Diduga merupakan fenomena imunologi.

B. Patofisiologi
Hidrops (pembengkakan) endolimf akibat penyerapan endolimf dalam skala media oleh stria vaskularis terhambat.

C. Diagnosis Banding
Tumor nervus akustikus, sklerosis multipel, dan neuritis vestibular.

D. Manifestasi Klinis
Vertigo disertai muntah yang berlangsung antara 15 menit sampai beberapa jam dan berangsur membaik. Disertai pengurangan pendengaran, tinitus yang kadang menetap, dan rasa penuh di dalam telinga. Serangan pertama hebat sekali, dapat disertai gejala vegetatif. Serangan lanjutan lebih ringan meskipun frekuensinya bertambah. Mula-mula nada rendah akhirnya juga nada tinggi. Biasanya unilateral, kemudian mengenai telinga sebelahnya. Pada pemeriksaan telinga tidak ditemukan kelainan.

Tes penala: kesan tuli sensorineural.

E. Pemeriksaan Penunjang
o Tes gliserin: pasien diberikan minum gliserin 1,2 ml/kg BB setelah diperiksa tes kalori dan audiogram. Setelah 2 jam diperiksa kembali dan dibandingkan. Perbedaan bermakna menunjukkan adanya hidrops endolimf.
o Audiogram: tuli sensorineural, terutama nada rendah dan selanjutnya dapat ditemukan rekrutmen.

F. Penatalaksanaan
Pasien harus dirawat di rumah sakit, berbaring dalam posisi yang meringankan keluhan. Diberikan diet rendah garam dan pemberian diuretik ringan.

Obat-obat simtomatik antivertigo seperti dimenhidrinat 3 x 50 mg atau prometazin 3 x 25 mg, obat vasodilator perifer seperti papaverin dan betahistin, atau operasi shunt. Dapat pula diberikan obat antiiskemia dan neurotonik. Adaptasi dengan latihan dan fisioterapi.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi yang tersedia di Blog -♫►Don't Say No Fate◄♫-(artikel kesehatan) dikumpulkan dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter anda!
Jika anda mengalami masalah serius, segera hubungi dokter!
Terima Kasih..

PERHATIAN :
Seluruh komentar yang ada merupakan tanggung jawab masing-masing komentator. Saya berhak untuk memberikan atau mempublikasikan identitas pribadi komentator yang bersangkutan apabila komentar tersebut terbukti merugikan pihak-pihak tertentu.
Komentar yang mengandung Sara, Pornografi dan Berbau Iklan akan saya hapus.