Pages

 

Selasa, 03 Mei 2011

Perikondritis

0 komentar
Perikondritis adalah radang pada tulang rawan daun telinga yang terjadi akibat trauma; pascaoperasi telinga; serta sebagai komplikasi hematoma daun telinga, otitis eksterna kronik, otitis media kronik, dan pseudokista.

A. Patofisiologi
Akibat peradangan, terjadi efusi serum dan pus ke dalam lapisan perikondrium dan tulang rawan dari telinga luar.

B. Manifestasi Klinis
Tampak dauri telinga membengkak, merah, panas, dirasakan nyeri, dan nyeri tekan. Pembengkakan ini dapat menjalar ke bagian belakang daun telinga, sehingga sangat menonjol. Terdapat demam, pembesaran kelenjar limfe regional, dan leukositosis. Se­rum yang terkumpul di lapisan subperikondrial menjadi purulen, sehingga terdapat fluktuasi difus atau terlokalisasi.

C. Penatalaksanaan
Pengobatan dengan antibiotik sering gagal karena kuman yang dituju, Pseudomonas aeruginosa, sering resisten terhadap sebagian besar antibiotik. Yang paling efektif adalah tobramisin diberikan bersama-sama tikarsilin secara sistemik, selama 2 minggu, dengan memantau fungsi ginjal. Antibiotik diberikan secara parenterai atau topikal. Sebaiknya dilakukan kultur sebelumnya.
Pada daun telinga diberikan kompres panas. Bila terdapat fluktuasi, dilakukan insisi secara steril dan diberi perban tekan selama 48 jam seperti pada hematoma daun telinga.

D. Komplikasi
Tulang rawan hancur dan menciut serta keriput, disebut telinga lisut (caulifower), sehingga perlu dilakukan rekonstruksi.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi yang tersedia di Blog -♫►Don't Say No Fate◄♫-(artikel kesehatan) dikumpulkan dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter anda!
Jika anda mengalami masalah serius, segera hubungi dokter!
Terima Kasih..

PERHATIAN :
Seluruh komentar yang ada merupakan tanggung jawab masing-masing komentator. Saya berhak untuk memberikan atau mempublikasikan identitas pribadi komentator yang bersangkutan apabila komentar tersebut terbukti merugikan pihak-pihak tertentu.
Komentar yang mengandung Sara, Pornografi dan Berbau Iklan akan saya hapus.