Pages

 

Minggu, 15 Mei 2011

Tumor Ganas Laring

2 komentar
Tumor Ganas Laring merupakan tumor ganas ketiga menurut jumlah tumor ganas di bidang THT dan lebih banyak terjadi pada pria berusia 50-70 tahun. Yang tersering adalah jenis karsinoma sel skuamosa.

A. Etiologi
Belum diketahui pasti.

B. Faktor Predisposisi
Rokok, alkohol, dan paparan sinar radioaktif.

C. Manifestasi Klinis
Suara parau yang diderita cukup lama, tidak hilang timbul, makin lama makin berat. Kadang terdapat hemoptisis. Sesak napas akibat tertutupnya jalan napas oleh tumor, batuk dengan riak bercampur darah, dan penurunan berat badan.

Dari pemeriksaan fisik tidak ada gejala khas pada stadium dini, tetapi penjalaran ke kelenjar limfe leher akan memperlihatkan perubahan kontur leher dan hilangnya krepitasi tulang-tulang rawan laring. Dengan laringoskop langsung atau tak langsung dapat dinilai lokasi tumor, penyebaran, dan dilakukan biopsi.

D. Pemeriksaan Penunjang
Pemeriksaan laboratorium darah rutin dan foto toraks untuk menilai keadaan paru, adanya proses spesifik, dan metastasis. Foto jaringan lunak leher dari lateral dan tomografi komputer untuk menilai keadaan tumor. Pemeriksaan patologi anatomi untuk diagnosis pasti dari biopsi langsung atau biopsi jarum halus kelenjar limfe leher.

E. Penatalaksanaan
Hasil pemeriksaan akan menentukan diagnosis dan stadium tumor berdasarkan Union International Contre le Cancer (LTICC) untuk menentukan tindakan penanggulangan. Sta­dium 1 dikirim untuk radiasi, stadium 2 dan 3 untuk operasi, dan stadium 4 operasi dengan rekonstruksi atau radiasi. Jenis pembedahannya adalah laringektomi totalis atau parsial, disertai diseksi leher radikal bila terdapat penjalaran ke kelenjar limfe leher. Pemakaian sitostatika belum memuaskan karena mahal dan tidak dapat diselesaikan karena keadaan umumnya memburuk.

Akibat laringektomi, pasien menjadi afoni dan bernapas melalui stoma permanen di leher. Sehingga perlu dilakukan rehabilitasi umum, melalui sosialisasi dan kemandirian, dan khusus, berupa rehabilitasi suara.

F. Prognosis
Dengan pengelolaan yang tepat, cepat, dan radikal, tumor ini mempunyai prognosis paling baik di antara tumor daerah traktus aerodigestivus.

2 komentar:

obat tumor ganas laring mengatakan...

terimakasih.. infonya.

-DiMaZT PrAboWo- mengatakan...

sama2..
terima kasih atas kunjungannya.

Posting Komentar

Informasi yang tersedia di Blog -♫►Don't Say No Fate◄♫-(artikel kesehatan) dikumpulkan dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter anda!
Jika anda mengalami masalah serius, segera hubungi dokter!
Terima Kasih..

PERHATIAN :
Seluruh komentar yang ada merupakan tanggung jawab masing-masing komentator. Saya berhak untuk memberikan atau mempublikasikan identitas pribadi komentator yang bersangkutan apabila komentar tersebut terbukti merugikan pihak-pihak tertentu.
Komentar yang mengandung Sara, Pornografi dan Berbau Iklan akan saya hapus.