Pages

 

Selasa, 03 Mei 2011

Tumor Telinga

1 komentar
Tumor telinga paling banyak ditemukan di daun telinga dengan jenis karsinoma sel skuamosa.

A. Etiologi
Diduga akibat radiasi sinar ultraviolet matahari atau iritasi kronik.

B. Manifestasi Klinis
Nodul yang melekat erat dengan erosi pada permukaan tumor dan pembentukan ulkus ditutupi krusta super isial yang keras dengan pinggir yang tidak rata. Rasa nyeri telinga tidak terlalu hebat, kecuali bila telah mengenai tulang rawan di bawahnya.

Pada liang telinga atau telinga tengah tampak bersamaan infeksi kronik telinga. Permukaan merah, kadang tampak sebagai jaringan granulasi atau polip. Nyeri telinga sangat hebat bila membuka mulut, mengunyah, dan menguap. Kelenjar limfe retroaurikular dan preaurikular membesar.

C. Pemeriksaan Penunjang
Tomografi komputer untuk menunjukkan perluasan tumor. Biopsi jaringan atau jarum halus untuk mengetahui diagnosis pasti.

D. Komplikasi
Penyebaran ke organ vital sekitarnya.

E. Penatalaksanaan
Operasi dengan eksisi luas, bila perlu diseksi leher radikal. Radiasi pascaoperasi sebanyak 6.000 rad. Kemoterapi dengan obat kombinasi metotreksat, sisplatin, dan 5-fluorourasil

1 komentar:

sikkahoder mengatakan...

thanks....

Poskan Komentar

Informasi yang tersedia di Blog -♫►Don't Say No Fate◄♫-(artikel kesehatan) dikumpulkan dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter anda!
Jika anda mengalami masalah serius, segera hubungi dokter!
Terima Kasih..

PERHATIAN :
Seluruh komentar yang ada merupakan tanggung jawab masing-masing komentator. Saya berhak untuk memberikan atau mempublikasikan identitas pribadi komentator yang bersangkutan apabila komentar tersebut terbukti merugikan pihak-pihak tertentu.
Komentar yang mengandung Sara, Pornografi dan Berbau Iklan akan saya hapus.