Pages

 

Kamis, 20 Oktober 2011

Nutrisi untuk Penampilan Kulit yang Menawan

0 komentar

Kulit, rambut dan kuku adalah jaringan sel yang akan terus tumbuh sepanjang hidup kita. Karena itu perlu dilakukan perawatan kulit agar kesehatan dan keindahannya tetap terjaga. Terutama kesehatan kulit wajah.

Beberapa masalah kulit memang bisa diatasi dengan kosmetik tetapi supaya tetap sehat selain melakukan perawatan kulit juga membutuhkan nutrisi yang baik, dan nutrisi yang baik bagi kulit ternyata baik juga untuk rambut dan kuku.

Makanan yang terpenting untuk menjaga kesehatan kulit adalah makanan yang tinggi kadar airnya, seperti buah-buahan segar yang harus dimakan setiap hari. Selain itu buah dan sayur juga tinggi kadar seratnya sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan.

Selain serat, ada beberapa jenis vitamin dan mineral yang penting untuk diperhatikan. Sebab jika kulit sering terpapar sinar ultraviolet dalam waktu yang lama, membrane sel akan mudah rusak oleh radikal bebas. Sinar ultraviolet juga merusak jaringan penghubung (elastin) yang membuat kulit menjadi kendur dan keriput karena tidak elastis lagi. Proses ini bisa diperlambat dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti vitamin C, E dan betakaroten. Antioksidan bisa menonaktif-kan radikal bebas di samping melindungi kulit dari kerusakan.

Selain berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C pun dapat membantu menunda datangnya keriput dan membantu tubuh membentuk kolagen (jaringan penunjang).kita akan lebih membutuhkan vitamin C jika stress, berada di daerah terpolusi berat atau mempunyai kebiasaan merokok.

Seng dan selenium juga melindungi kerusakan kulit akibat sinar matahari, kerana seng bisa membantu kerja vitamin A dalam memperbaiki jaringan yang rusak dan menyembuhkan luka. Seng pun bekerjasama dengan vitamin C dalam proses pembentukan kolagen. Sementara selenium selain merupakan pemusnahan radikal bebas yang potensial, bersama vitamen E juga mampu membersihkan tubuh dari racun-racun seperti cadmium dan merkuri

Jangan lupa minum minimal 8 gelas air sehari sebagai perawatan kulit alami agar kulit anda tetap sehat dan terjaga dari kekeringan.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi yang tersedia di Blog -♫►Don't Say No Fate◄♫-(artikel kesehatan) dikumpulkan dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter anda!
Jika anda mengalami masalah serius, segera hubungi dokter!
Terima Kasih..

PERHATIAN :
Seluruh komentar yang ada merupakan tanggung jawab masing-masing komentator. Saya berhak untuk memberikan atau mempublikasikan identitas pribadi komentator yang bersangkutan apabila komentar tersebut terbukti merugikan pihak-pihak tertentu.
Komentar yang mengandung Sara, Pornografi dan Berbau Iklan akan saya hapus.